Pemkab Aceh Selatan Peringati HUT HKN Ke-55

Tapaktuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019, Senin (16/12/2019).

HUT HKN ke-55 tersebut diperingati secara upacara yang dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, di halaman Dinas Kesehatan setempat.

Sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes, Surya Darma SKM, dan Perwira Upacara Plt Kadis Kesehatan Drs HT Darisman.

Turut hadir unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten I Setdakab Erwiandi S.Sos M.Si, para Kepala Puskesmas, , dan undangan lainnya.

Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam kesempatan itu membacakan pidato Mentri Kesehatan RI diantaranya menyebutkan, pembangunan kesehatan sebagai amanat UUD Tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan.

"Pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai indeks pembangunan manusia dan usia harapan hidup," sebutnya.

Menurutnya, meningkatnya indeks pembangunan kesehatan masyarakat (IPKM) Tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini. Antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal.

"Strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional," ucapnya.(ATX)